Kamis, 12 Oktober 2017

Oxamniquine



oxamniquine
Garam Oxamniquine diindikasikan untuk perawatan schistosomiasis dan kondisi lainnya. Informasi detil berkaitan dengan penggunaan, efek samping, ulasan, pertanyaan, interaksi, dan peringatan Oxamniquine
·         pemakaian
Oxamniquine digunakan dalam perawatan, kontrol, pencegahan, & perbaikan penyakit, kondisi dan gejala berikut ini, schistosomiasis.
·         Mekanisme Tindakan dan Farmasologi
Oxamniquine meningkatkan kondisi pasien dengan melakukan fungsi-fungsi berikut: Menyebabkan cacing untuk dipindahkan dari situs yang biasa mereka tinggal.
·         Efek samping
Berikut adalah daftar efek samping yang memungkinkan yang dapat terjadi dalam obat-obat yang mengandung Oxamniquine. Ini bukanlah daftar yang komprehensif. Efek-efek samping ini memungkinkan, tetapi tidak selalu terjadi. Beberapa efek samping ini langka tetapi serius. Konsultasi pada dokter Anda jika Anda melihat efek samping berikut, terutama jika efek samping tidak hilang.
  • Pusing
  • Kantuk
  • Sakit kepala
  • Perubahan perilaku
  • Perangsangan
  • Halusinasi
Jika Anda memerhatikan efek samping lain yang tidak ada diatas, hubungi dokter Anda untuk nasihat medis. Anda juga dapat melaporkan efek samping ke otoritas administrasi makanan dan obat-obatan setempat Anda.
·         Peringatan & Cara Penggunaan
Sebelum menggunakan obat ini, informasikan dokter Anda tentang daftar obat Anda saat ini, produk toko (contoh, vitamin, suplemen herbal, dll.), alergi, penyakit yang sudah ada, dan kondisi kesehatan saat ini (contoh, kehamilan, operasi yang akan datang, dll.). Beberapa kondisi kesehatan dapat membuat Anda kebal pada efek samping obat. Konsumsi seperti yang diarahkan oleh dokter Anda atau ikuti petunjuk yang tercetak dalam brosur produk. Dosis berdasarkan kondisi Anda. Katakan pada dokter Anda jika kondisi Anda berlanjut atau memburuk.
Top of Form
Bottom of Form
·       Interaksi Obat
Mohon konsultasi pada dokter atau apoteker Anda atau kemasan produk untuk informasi ini.
·         Kontraindikasi
Mohon konsultasi pada dokter atau apoteker Anda atau kemasan produk untuk informasi ini.  
Informasi penting lainnya pada Oxamniquine
·         Kekurangan sebuah dosis
Jika Anda melewati sebuah dosis, konsumsilah sesegera mungkin Anda mengetahui. Jika waktunya dekat dengan dosis Anda berikutnya, lewati dosis yang terlewat dan lanjutkan jadwal dosis Anda. Jangan mengambil ekstra dosis untuk memperbaiki dosis yang terlewat. Jika Anda secara teratur terlewat dosisnya, pertimbangkan mengeset alarm atau meminta anggota keluarga untuk mengingatkan Anda. Mohon konsultasi pada dokter Anda untuk mendiskusikan perubahan dalam jadwal dosis Anda atau jadwal baru untuk memperbaiki dosis yang terlewat, jika Anda melewati terlalu banyak dosis akhir-akhir ini.
·         Overdosis pada Oxamniquine
  • Jangan mengonsumsi lebih dari dosis resep. Mengonsumsi lebih banyak obat tidak akan memperbaiki gejala Anda; malah dapat menyebabkan keracunan atau efek samping serius. Jika Anda mencurigai bahwa Anda atau siapapun yang mungkin telah overdosis dari Oxamniquine, mohon pergi ke departemen darurat rumah sakit terdekat atau rumah perawatan. Bawalah kotak obat, kontainer, atau label dengan Anda untuk membantu dokter dengan informasi yang diperlukan.
  • Jangan memberikan obat Anda pada orang lain bahkan jika Anda tahu mereka memiliki kondisi yang sama atau bahwa sepertinya mereka memiliki kondisi serupa. Ini dapat berakibat pada overdosis.
  • Mohon konsultasi pada dokter atau apoteker Anda atau kemasan produk untuk informasi lebih lanjut.
Penyimpanan dari Oxamniquine
  • Simpan obat di temperatur ruangan, jauh dari panas dan cahaya langsung. Jangan membekukan obat kecuali diperlukan oleh brosur kemasan. Jauhkan obat dari anak-anak dan hewan peliharaan.
  • Jangan membuang obat ke toilet atau menuangkannya ke drainase kecuali diinstruksikan seperti itu. Obat yang dibuang dengan cara ini dapat mengontaminasi lingkungan. Mohon konsultasi pada apoteker atau dokter Anda tentang lebih banyak detil tentang bagaimana membuang Oxamniquine dengan aman.
Kadaluwarsa Oxamniquine
  • Mengonsumsi satu dosis dari Oxamniquine yang kadaluwarsa tidak akan membuat kejadian yang merugikan. Bagaimanapun, mohon diskusikan dengan penyedia kesehatan utama atau apoteker Anda untuk nasihat yang baik atau jika Anda merasa kurang baik atau sakit. Obat yang kadaluwarsa dapat menjadi tidak efektif dalam merawat kondisi yang diresepkan. Untuk berada di sisi yang aman, penting untuk tidak mengonsumsi obat yang kadaluwarsa. Jika Anda memiliki penyakit kronis yang memerlukan konsumsi obat terus menerus seperti kondisi jantung, kejang, dan alergi yang mengancam nyawa, Anda lebih aman jika berhubungan dengan penyedia kesehatan utama Anda sehingga Anda dapat memiliki pasokan obat segar yang tidak kadaluwarsa.
Informasi Dosis
Mohon konsultasi dengan dokter atau apoteker Anda atau merujuk pada kemasan produk.
Pertanyaan:
Bagaimana oxamniquin dapat menimbulkan efek samping halusinasi.
Interasi obat ini dengan obat lain.
apakah obat oxamniquin dapat mempengaruhi sistem saraf?
Apakah obat ini berinteraksi dengan makan dan berikan contoh.
DAFTAR PUSTAKA

McEvoy, G.K. (ed.). American Hospital Formulary Service - Drug Information 92. Bethesda, MD: American Society of Hospital Pharmacists, Inc., 1992 (Plus Supplements 1992)., p. 41 from HSDB Record Name: OXAMNIQUINE http://toxnet.nlm.nih.gov?dbs+hsdb:@term... - Diakses: October 12, 2016.
McEvoy, G.K. (ed.). American Hospital Formulary Service - Drug Information 92. Bethesda, MD: American Society of Hospital Pharmacists, Inc., 1992 (Plus Supplements 1992)., p. 42 from HSDB Record Name: OXAMNIQUINE http://toxnet.nlm.nih.govdbs+hsdb:@term+... - Diakses: October 12, 2016.
McEvoy, G.K. (ed.). American Hospital Formulary Service - Drug Information 92. Bethesda, MD: American Society of Hospital Pharmacists, Inc., 1992 (Plus Supplements 1992)., p. 42 from HSDB Record Name: OXAMNIQUINE http://toxnet.nlm.nih.gov - Diakses: October 12, 2016. dbs+hsdb:@term+@rn+@rel+21738-42-1
Ever Miss a Dose of Your Medicine? - Diakses: July 3, 2016.
Cancer.Net (2014). The Importance of Taking Your Medication Correctly - Diakses: July 3, 2016.


11 komentar:

  1. jika digunakan jangka pjg dan berulang bisa saja pengguna obat ini akan berhalusinasi atau di salahgunakan jika di konsumsi bersamaan dgn alkohol

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika di konsumsi bersamaan dengan alkohol akan mengakibatkan efek mengantuk yang akan semakin bertambah

      Hapus
  2. dengan berhalusinasi maka obat ini pun dpt mengganggu sistem syaraf dan mmbahayakan kerja di otak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selain itu, efeknya di sistem saraf pusat dapat menimbulkan kantuk dan pusing

      Hapus
  3. untuk interaksi dgn obat atau pun makanan saya blm mengetahui secara pasti yg jelas utk mnjaga adanya interaksi jgn di konsumsi obat apapun dan makanan yg di mengandung alkohol dan sejenisnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya benar, sebaiknya penggunaan obat2an jika ingin tingkat keamanan yang tinggi, jangan dikonsumsi bersama alkohol dan tembakau

      Hapus
  4. Oxamniquine adalah anthelmintik dengan aktivitas schistosomicidal melawan Schistosoma mansoni, namun tidak melawan Schistosoma spp lainnya. Oxamniquine menyebabkan cacing bergeser dari pembuluh darah mesenterika ke hati dimana cacing jantan dipertahankan; Cacing betina kembali ke mesenterium, tapi tidak bisa lagi melepaskan telur.
    Jadi menurut saya penggunaan obat oxamniquine tidak mempengaruhi sistem saraf.

    BalasHapus
  5. saya akan menambahkan Senyawa penuntun atau lead compound adlah struktur senyawa yang memiliki aktivitas biologis dapat berupa efek terapetik, toksik, atau regulator fisiologik, yang tentu saja memiliki sasaran target yang dipilih dengan mekanisme tertentu. Dijelaskan bahwa tidak hanya efek terapetik saja atau untuk pengobatan saja, tapi yang memiliki efek toksik juga dapat dijadikan sebagai senyawa penuntun. Mudah saja, senyawa yang memiliki efek toksik tersebut, dimodifikasi sedemikian rupa hingga akhirnya memiliki aktivitas yang kita inginkan, sesungguhnya kita juga sudah mengetahui perbedaan obat dengan zat toksik, pada dosis tertentu suatu zat toksik dapat dijadikan sebagai obat.

    BalasHapus
  6. Hai gebi, saya akan menambahkan interaksi obat nya.
    oxamniquine mempunyai banyak interaksi dengan obat lainnya, diantaranya yang harus dihindari adalah penggunaan oxamniquine dengan obat tramadol, acetaminophen, bupropion, thioridazine, metrizamide, dan iohexol. Trimakasih

    BalasHapus
  7. Bila dilihat dari mekanisme kerjanya, maka dapat saya simpulkan bahwa obat ini tidak bengaruh pada sistem saraf.

    Oxamnikuin merupakan agen dosis tunggal, obat ini akan menyebabkan cacing bergeser dari pembuluh darah mesenterika ke hati, tempat di mana cacing jantan dipertahankan, dimana respon pembawa seluler menyebabkan eliminasi akhirnya, dan cacing betina akan kembali ke mesenterium, perubahan yang terjadi pada cacing betina bersifat reversibel dan terutama disebabkan oleh stimulasi jantan yang dihentikan, sehingga efek langsung dari oxamniquine yaitu cacing betina tidak mampu lagi bertelur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat army, jika obat ini tidak berpengaruh pada sistem saraf.sebab obat ini juga dimetabolisme dihati, sehingga tidak perlu dikhawatirkan lebih jauh mengenai hal tersebut.

      Hapus